Wednesday, May 17, 2017

Penasaran Ngaak? Mobil Pertama di Dunia yang Kena Tilang Oleh Polisi, Kapan, Dan di Mana?

Penasaran Ngaak? Mobil Pertama di Dunia yang Kena Tilang Oleh Polisi, Kapan, Dan di Mana?

Loading...
Loading...

Baca Juga

Mobil Pertama di Dunia yang Kena Tilang Oleh Polisi

Pernahkan muncul pertanyaan dalam pikiran, apa mobil pertama yang tercatat sejarah kena tilang oleh polisi, kapan, dan di mana? Ternyata, mobil itu adalah Arnold Benz dan peristiwanya terjadi pada 1896 di Paddock Green, Kent, Inggris.

Ini Dia Mobil Pertama di Dunia yang Kena Tilang Polisi

Arnold Benz dapat dikatakan sebagai 'nenek moyang' dari mobil-mobil Mercedes-Benz saat ini. Adapun pengemudinya, seperti diwartakan oleh Motor1 pada Kamis (11/5/2017), ialah Walter Arnold, satu dari sedikit orang pertama di dunia yang diberikan lisensi menjual kendaraan-kendaraan Benz.

Arnold, pada Januari 1896, melanggar regulasi lalu lintas setempat yang kala itu mewajibkan pengemudi membawa mobil di kecepatan maksimal 2 mil/jam (3 km/jam). Mobil juga wajib dipandu oleh seseorang yang berjalan kaki di depannya sambil membawa bendera merah.Ia membawa mobilnya jauh lebih cepat dari batas maksimal. Ia membawa Arnold Benz berlari 8 mil/jam (13 km/jam) yang di zaman itu sudah dianggap kencang. Tanpa dipandu oleh petugas berbendera merah pula.

Alhasil, Arnold pun ditilang oleh polisi yang mengejarnya dengan sepeda. Ia ditilang dengan denda sebesar 1 shilling.Tak lama setelah kejadian itu, batas kecepatan lalu ditingkatkan menjadi 14 mil/jam (23 km/jam) dan kewajiban mobil untuk dipandu dihilangkan. Untuk merayakan, dibuatlah kompetisi balap mobil bertajuk 'The Emancipation Run' yang masih terus ada hingga sekarang, dengan rute London menuju Brighton dan memperlihatkan mobil-mobil klasik produksi sebelum 1905.

Di 'The Emancipation Run' Arnold edisi perdana, Arnold juga menjadi peserta. Ia bahkan menggondol medali emas.Mobil Benz yang dinaiki Arnold saat ditilang itu sendiri akan dipamerkan di ajang Concours of Elegance 2017 di Hampton Court Palace, September mendatang. Arnold Benz akan bergabung bersama beberapa mobil tercepat yang pernah dibuat seperti Jaguar XJR-9 jawara dan McLaren F1 GTR.

iklan4

Related Posts

Penasaran Ngaak? Mobil Pertama di Dunia yang Kena Tilang Oleh Polisi, Kapan, Dan di Mana?
4/ 5
Oleh